Rabu, 16 Maret 2011

Tips dan Trik Membeli atau Merakit Komputer Part 1

Adakah diantara teman-teman sekalian yang punya keinginan membeli atau merakit komputer. Memang saat ini, orang sudah lebih banyak membeli notebook ataupun neetbook, karena memang akan lebih mudah ketika dibawa pada saat kita bepergian. Namun, jika dilihat dari fungsinya kita juga masih bisa memilih komputer sebagai perangkat alat bantu kita dalam bekerja.

Dalam membeli atau merakit komputer, kita tidak sekedar memilih yang spesifikasinya paling baru dengan harga yang mahal. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan matang agar kita mendapat komputer yang kinerjanya optimal namun harganya dapat kita tekan.

Pemilihan spesifikasi komputer atau peripheral sangat diperlukan agar tidak mubazir. Kemubaziran tersebut dapat disebabkan akibat kita tidak dapat mengeksploitasi kemampuan yang dimiliki computer tersebut secara maksimal. Tidak bisa dipungkiri bahwa segala kemudahan yang ditawarkan oleh komputer membuat banyak orang jadi ingin memilikinya, meskipun ada saja orang yang ingin memilikinya hanya karena tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman. Namun keinginan untuk memiliki komputer seringkali terkendala dengan masalah dana.Oleh karena itu diharapkan kita dapat menekan biaya yang ada namun tetap dapat memaksimalkan kinerja komputer kita. Dari sumber yang saya dapat ada beberapa kriteria dalam memilih computer yang sesuai,diantaranya adalah :
Untuk tujuan apa komputer tersebut akan digunakan..
Hal pertama yang terpenting dalam membeli komputer ialah kebutuhan maksudnya adalah komputer yang akan kita beli nanti akan digunakan untuk apa. Sebagai contoh :
a. Office Class
Komputer yang dipakai hanya untuk mengetik saja (Office Class) tentunya tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi dan mahal. Cukup apabila komputer tersebut sudah dapat menjalankan berbagai aplikasi perkantoran (misalnya, word processing dan spreadsheet). Hanya saja justru dana harus dibagi untuk belanja beberapa perangkat tambahan penting, seperti: printer, scanner, modem-fax, dan media pemutar sekaligus penulis disc. Carilah printer dengan kualitas bagus, hal ini untuk menghasilkan hasil cetak karya yang lebih baik. Intinya kelas ini melakukan kegiatan: mengetik, menyalin, mengirim dan mencetak, jadi perangkat yang berhubungan dengan keempat kegiatan ini harus bagus. Pusatkan pengeluaran dana untuk kebutuhan perangkat ini.
b. Gaming Class
Komputer yang dipakai untuk menjalankan aplikasi permainan (Gaming Class) memerlukan spesifikasi perangkat/komponen tertentu yang sangat baik, terutama untuk perangkat: display (Monitor) yang luas, grafis (Graphics Card) yang memadai untuk menjalankan grafis rendering 3D gaming dengan kapasitas memori cukup, dan memori (Memory Module) komputer yang besar dan cepat. Graphics card dan memory module sangat memegang peranan penting untuk kelas ini, carilah yang kualitasnya sangat baik dan mendukung untuk game-game generasi berikutnya. Disamping itu kegiatan bermain ini biasanya dilakukan dalam waktu yang lama, maka perlu diperhatikan faktor pendingin untuk processor maupun ruang dalam casing yang lebih baik. Keyboard dan mouse yang ergonomis dan memiliki daya tahan yang lebih baik juga dibutuhkan untuk mendukung kegiatan ini. Dan jangan lupa dengan beberapa peralatan khusus gaming, seperti joystick, joypad, atau streering wheel.
c. Multimedia Class
Komputer multimedia (Multimedia Class) lebih mengutamakan pada kegiatan yang berhubungan dengan: suara dan visual baik memutar, mengedit, dan mencetak. Pusatkan pengeluaran dana untuk membeli perangkat yang berhubungan dengan keduanya, terutama: kartu suara (Sound Card) kualitas bagus, display (Monitor) yang cukup besar, pemutar dan penulis disc (CDRW atau DVDRW), speaker, headset, keyboard multimedia, tv tuner, scanner, webcam. Ya, sebenarnya justru kelas ini dana yang akan dikeluarkan lebih besar dari yang lain. Seringkali kita dapati penjual menawarkan sebuah komputer yang dikatakannya kelas multimedia, namun ternyata yang mereka sebut itu hanyalah sebuah komputer dengan kemampuan biasa saja (atau bahkan kurang) dan hanya ditambah sebuah pemutar disc dan speaker. Untuk apa kita membeli komputer multimedia namun apabila digunakan untuk mendengarkan lagu, telinga terasa tidak nyaman, atau saat kita melihat ke layar terasa ada yang kurang.
d. Profesional Class
Ada juga kelompok pemakai yang menginginkan komputer dengan spesifikasi khusus yang biasanya langsung bersentuhan dengan profesinya (Profesional Class). Kelompok ini merupakan para pengguna komputer dengan kebutuhan spesikasi hardware dan software khusus untuk satu atau dua pekerjaan saja, contohnya para desain grafis dan editor video. Spesifikasi perangkat/komponen komputernya sangat beragam dan sangat tergantung dengan spesialisasi pekerjaan, kebutuhan tingkat teknologi yang dipakai, tingkat keahlian, serta media pekerjaan. Biasanya untuk kelompok ini harga menjadi nomor dua, teknologi dan perkembangan (baik perkembangan teknologi di bidang pekerjaan maupun penyesuaian permintaan) menjadi nomor satu. Tips untuk kelompok ini adalah gunakan dana sesuai penyerapan teknologi, jangan membeli perangkat/komponen high-tech namun tidak bisa memakainya. Sesuaikan batas kemampuan mengontrol, menjalankan, dan menghasilkan karya dengan teknologi yang dipakai.
demikian sebagian tips dan triknya, tapi ini masih bersambung ke postingan berikutnya….semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop – Disini saya akan membahas artikel yang berbeda dan tidak melulu tentang Wo...