Rabu, 13 Oktober 2010

Kelanjutan "Perbedaan Internet dengan LocalHost / LAN"

8. Melakukan komunikasi dalam LAN

cara melakukan konfigurasi dalam sistem LAN, terlebih dahulu aktifkan media komunikasi NetMeeting melalui desktop Windows. Selain itu, agar berhubugnan dengan komputer lain dalam LAN, komputer yang akan dihubungi juga harus mengaktifkan program NetMeeting-nya. Langkah – langkah untuk menghubungi komputer lain dalam LAN adalah sebagai berikut.

1.   Klik menu Call pada kotak NetMeeting.

Gambar 1.1  Tampilan NetMeeting 

 




2.   Klik New Cell

 Gambar 1.2  Proses Mulai menghubungi komputer lain dalam LAN 









 3.   Pada kotak dialog Please A Call, ketik alamat komputer yang akan dituju pada kotak isian To: dengan nama komputer yang dituju atau dengan mengetikkan nomor IP Address komputer yang dituju. Kemudian klik Call.


Gambar 1.3    Kotak dialog Please A Call 





4.   Tunggu beberapa saat sampai proses menghubungi komputer selesai, bila alamat komputer yang dituju tidak terdapat dalam jaringan maka akan tampil kotak konfigurasi seperti Gambar 1.4.
Gambar 1.4   Konfirmasi ketika tidak menemukan alamat yang di tuju.


5.   Apabila alamat yang dituju benar, maka komputer akan menerima respon dari komputer tujuan.
6.  Selanjutnya, komputer yang dihubungi akan menerima pesan Incoming Call. Apabila komputer tujuan menjawab Yes maka berarti komputer yang dihubungi menerima panggilan Anda, sedangkan apabila dijawab Ignore berarti komputer yang dituju menolak diajak berkomunikasi.

 9.   Cara Mengirim dan Menerima Pesan Melalui LAN
Jika Anda ingin mengirim atau menerima pesan, maka Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu program  NetMeeting-nya. Berikut ini cara mengirim dan menerima pesan (chatting) pada jaringan lokal.
  1. Klik Tools pada kotak NetMeeting.
  2. Klik Chat sehingga tampil jendela chat seperti Gambar 1.1
  3. Ketikkan pesan yang akan dikirim pada kotak Message.
  4. Perintah komputer yang akan diberikan pesan dengan mengisi alamat komputer yang dituju di Send To. Apabila ingin mengirimkan pesan kepada seluruh komputer jaringan, pilih Everyone In Chat.
  5. Tekan Enter atau klik tombol Send Message untuk mengirim pesan.
  6. Apabaila komputer yang dituju memberikan jawaban atas pesan Anda, maka pada papan pesan akan muncul jawaban dari komputer tujuan.                                                                         Gambar 1.1  Tampilan jendela Chat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop – Disini saya akan membahas artikel yang berbeda dan tidak melulu tentang Wo...