Jumat, 22 April 2011

Tips Memilih dan Konsultasi Skripsi

kedar sharing aja. Beberapa saat yang lalu dapat artikel bagus di sebuah web yang berisi pengalaman dari seseorang tentang tipsnya mengerjakan skripsi/ tugas akhirnya. Ini tips cukup bagus khususnya buat temen yg lagi pusing ngurusin skripsinya. Ada beberapa tips yang cukup efektif bagi teman2 buat memilih topik skripsi dan konsultasi dengan dosen pembimbing. Sekedar info Kemaren pas saya di jaman2 ngurusin skrpsi juga menggunakan beberapa tips disini.
Udahlah dari pada banyak omong neh beberapa tipsnya. Cekidot gan……
Tips:
  1. Pilihlah topik skripsi yang berani dan belum pernah dibahas sebelumnya. Kalo bisa, pilihlah bahan yang jauh dari pengetahuan dosen dosen pembimbing kamu. Waktu itu saya bahas tentang MTV, di mana para dosen banyak yang kurang familiar. Semakin kamu membawa topik yang baru, update, langka, dan tidak dikenal dosen, semakin mati kutu lah mereka. Mereka bertanya bukan untuk mengetes, tapi karna mereka memang benar benar tidak tau. Yang bahaya, jika kamu mengambil topik yang udah basi dan udah banyak diambil orang. Alhasil, dosen bertanya bener bener untuk menguji kamu.
  2. Kalo bisa temui pembimbing setiap hari. harus rajin. pembimbing dgn begitu bisa membantu kamu di sidang dengan memberikan persuasi ke dosen yang lain bahwa kamu adalah mahasiswa yang rajin. dalam pertemuan, kamu bisa nanya pendapat dosen, rumus2, teori teori dsb.
  3. Ketahuilah jadwal dosen. dia ngajar jam berapa hari apa dsb dsb. di hari pertama kamu konsultasi, bawalah semacam tabel tanggal. dan minta dengan baik baik jadwal rutin dosen dari hari ke hari. jadi besok besok kamu bisa memperkirakan kapan waktu kosong dosen. sms/telponlah dosen sebelumnya.
  4. Sesekali, ada baiknya kamu membawa makan dan penganan buat dosen. makanannya simpel simple aja. kalo kamu tau makanan kesukaan dia, jauh lebih baik. umumnya sih, paling penganan macem pastel, risol, lemper, ato donat dsb dsb. itu artinya kamu menghargai dosen dan memberikan apresiasi ke dia dalam wujud tertentu.
  5. Kalo punya laptop, bawalah laptop setiap konsultasi. dengan begitu kamu bisa berkonsultasi dan mendapatkan penjelasan yang lebih baik. apalagi ini jurusan yang skripsinya mayoritas quantitatif. Read the rest of this entry »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop – Disini saya akan membahas artikel yang berbeda dan tidak melulu tentang Wo...