Minggu, 27 Februari 2011

Listrik off, Genset on, Listrik on (lagi), lha koq MCB jeglek??

Listrik off, Genset on, Listrik on (lagi), lha koq MCB jeglek??

Sesuai dengan judulnya. Listrik mati, Genset otomatis langsung hidup. semua lancar, permasalahan terjadi ketika listrik mulai hidup lagi. semua MCB koq jadi njeglek!?
Diurai permasalahannya satu persatu, angkatan tidak melonjak, beban tidak bertambah, nah trus kenapa MCB bisa njeglek? ternyata ketika listrik mati, (disengaja mati oleh PLN, bukan karena travo meleduk dll) ketika dinyalakan lagi, mereka menambah voltage untuk mengantisipasi angkatan yang sangat besar. Seketika itu juga voltage menjadi drop karena angkatan yang sangat besar. Pantes ajah MCB yang mengarah ke Genset langsung njeglek!
Wah ini bahaya.. may day, may day.. bahaya is on the way
Trus gimana menghindari lonjakan/drop voltage tersebut?? dipasanglah timmer. Perburuan dilanjutkan ke toko listrik. didapat timmer yang lumayan bagus. bisa diset menit, detik, jam. ketika arus terputus dan tersambung lagi, timmer ini akan menahan beberapa waktu (saya set 10menit) menunggu kira-kira listrik benar2 stabil.
Timmer dibungkus plastik trus dibawa pulang, ndak lupa minta nota kambek tacik-e.
Instalasi dimulai, permasalahan baru timbul. menurut petunjuk manual, timmer hanya mampu max 5A padalah arus yang dibutuhkan sekitar 20A. waduh gimana neeh?? datang lagi ke toko listrik-nya tacik-e. “Cik timmer ini cuma buat 5A padalah aku butuhnya 20A”, tanyaku. “oh itu tok pasangno mbek kontaktor, yang 20A, yang 100A juga ada”, jawab tacik-e. ok kontaktor dibeli. fungsinya persis seperti relay, hanya dia kapasitas Ampere-nya besar dan “trigger”-nya pake arus ac.
dirakit, dipasang timmer dengan kontaktor, wah trus box-nya pake apa yah?? kebetulan ada bekas power supply nganggung. ya udah dipake itu aja. selesai.
nah ngetestnya gimana neh? wah nunggu PLN mematikan listriknya secara sengaja..

4 komentar:

  1. Salam kenal, nama saya wijayanto, kalau boleh minta skemanya mas, email saya sade_pc@yahoo.co.id.Sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
  2. ass mas...boleh minta skema a juga mas..tq
    ransdezka@gmail.com

    BalasHapus
  3. Mas, boleh minta skemanya mas.... Alienz741@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Mas, boleh minta skemanya mas.... Alienz741@yahoo.co.id

    BalasHapus

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop – Disini saya akan membahas artikel yang berbeda dan tidak melulu tentang Wo...