Selasa, 15 Februari 2011

PELATIHAN JARINGAN KOMPUTER

Sharing File melalui Ad-Hoc
Ad Hoc adalah suatu koneksi jaringan tanpa kabel antara komputer ke komputer. Koneksi jaringan Ad Hoc biasanya banyak digunakan untuk bermain game seperti DoTa dan Counter Strike. Selain itu, jaringan Ad Hoc juga banyak digunakan untuk mengirim file atau berbagi file seperti game, music, video dan lain sebagainya. Jaringan ad hoc adalah alternatif pintar untuk menggunakan router nirkabel, tetapi memiliki beberapa kelemahan:
  • Jika komputer yang terhubung ke internet mati atau shut down, semua komputer yang merupakan bagian dari jaringan ad hoc kehilangan akses internet.
  • Untuk menghubungkan ke Internet, satu komputer selalu memerlukan sambungan jaringan kabel.


Buat jaringan ad-hoc   1. Bukalah Control Panel:
2. Klik 2 kali pada Icon Network Connection.
3. Setelah itu, klik kanan pada icon Wireless Network Connection dan pilih Poperties

Maka akan muncul Kotak dialog sebagai berikut:

Setting ip address
4. Buka Internet Protocol (TCP/IP) , lalu klik Properties Isikan value nya.  seperti gambar berikut:
Pastikan bahwa computer 1 dan computer 2 memiliki network id yang sama.

5. Setelah Poperties di klik, maka akan muncul kotak dialog berikut:
Setelah itu isilah IP address dan Subnet mask-nya, dan jika sudah diisi klik OK.

6. Icon Wireless Internet Connection yang tadinya dalam keadaan Not Connection berubah menjadi Connected.
7. Lalu untuk menyambungkan masing-masing computer ke jaringan ad-hoc yang telah dibuat klik 2 kali Wireless Internet Connection, setelah itu akan muncul gambar  sebagai berikut:
8. Lalu klik PIS 1010B ð connect

9. Untuk Uji Koneksi, ujilah koneksi antara computer 1 dan computer 2. Pastikan komputer  telah terkoneksi dengan baik. Dengan Klik Start ð Run ð ketik cmd ð klik OK, jika koneksinya sudah berhasil maka akan muncul kotak dialog berikut yang ditandai dengan adanya tulisan Reply:
10. Kemudian buatlah folder di D,E, atau F jangan di C dengan nama JARINGAN KOMPUTER. Lalu klik kanan pada folder itu dan pilih Properties ð Sharing ð Shared Document
11. Lalu Drag folder yang akan di shared ke Shared Document.

12.  Untuk membuka destinasi dilakukan dengan cara ketik \\ip address tujuan pada Address Bar ð Enter, seperti gambar berikut :

14.  Maka setelah itu akan muncul Shared Document yang didalamnya terdapat folder yang dapat di Shared dari/ke computer lain melalui Ad-Hoc s yaitu contohnya folder JARINGAN KOMPUTER yang telah kita buat sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop – Disini saya akan membahas artikel yang berbeda dan tidak melulu tentang Wo...